5 Pelatih Caretaker Tersukses Di Liga Inggris


Menjadi pelatih klub besar bukan pekerjaan yang mudah, sebab tugas berat akan dibebankan kepada kita untuk menaikan kualitas atau performa tim pada setiap pertandingan yang akan dijalankan. Dan sudah terbukti dengan beberapa pelatih yang dipecat setelah gagal membawa klub tersebut.

Di Premier League, memecat pelatih pada pertengah musim sudah menjadi hal yang biasa dan tidak asing lagi. Dan apabila sudah memecat pelatih yang gagal itu, pastinya klub tersebut akan mencari pelatih sementara hingga menemukan sosok yang cocok untuk menahkodai tim.

Walaupun menjadi pelatih sementara atau manager interim sama berat nya seperti menjadi pelatih utama sebuah klub. Para pelatih tersebut harus bisa menaikan peforma tim dengan pemain yang sudah ada tanpa harus membeli pemain baru.

Walaupun begitu, banyak manager interim berhasil meraih hasil positif bersama tim dengan pemain yang sudah ada. Salah satu dari manager tersebut adalah pelatih Manchester United saat ini Ole Gunnar Solskjaer yang berhasil menaikan kualitas semua pemain dan tim.

Semenjak menjadi pengganti Jose Mourinho di Manchester United pada Desember tahun lalu, Ole Gunnar berhasil membawa Setan Merah naik ke posisi ke 4 atau zona terakhir untuk ikut dalam Liga Champions. Banyak yang mendukung pelatih asal Norwegia tersebut untuk menjadi pelatih utama Manchester United musim depan.

Berikut ini adalah empat manager sementara tersukses dalam sejarah Premier League dalam beberapa tahun belakangan.

  • Tim Sherwood


The Lilywhites tidak pernah ada masalah dengan pelatih semenjak Mauricio Pochettino menahkodai Tottenham pada tahun 2014. Akan tetapi, sebelum Pochettino menjadi pelatih utama, The Lilywhites juga pernah memakai jasa mantan pemain Timnas Inggris Tim Sherwood untuk menjadi pelatih sementara setelah mendepak Andre-Villas Boas yang gagal meningkatkan performa The Lilywhites pada musim 2013 dan mengalami kekalahan yang cukup telak dari Manchester City dan Liverpool.

Tim Sherwood berhasil membawa Tottenham ke posisi ke enam dan lolos ke Liga Europa dengan hanya mengalami kekalahan enam kali saja dari 22 pertandingan yang dijalankannya bersama The Lilywhites. Namun sayangnya pada akhir musim Tottenham harus memecat Tim Sherwood pada akhir musim dan digantikan oleh Mauricio Pochettino hingga saat ini.

  • Kenny Dalglish

Legenda hidup Liverpool Kenny Dalglish kembali ke klub pada pertengahan musim 2011-2012, untuk menjadi pelatih sementara setelah Liverpool memecat Roy Hodgson. Akan tetapi setelah Kenny Dalglish mengambil komando kepelatihan, Liverpool mengalami kesulitan untuk mengeluarkan performa terbaik dan harus puas berada di posisi ke-12 sementara Premier League.

Liverpool dibawah kepelatihan Kenny Dalglish tidak pernah mengalami kekalahan dalam delapan pertandingan beruntun, sehingga hasil ini membuat Liverpool meningkatkan posisi mereka. Dalglish sendiri menjadi salah satu saksi kedatangan penyerang handal Luiz Suarez ke Liverpool pada musim itu.

Setelah mendapatkan kontrak berdurasi 3 tahun dan memenangkan Piala Liga, Dalglish tetap harus dipecat karena para petinggi Liverpool merasa kurang puas dengan hasil kerja dan Liverpool harus puas berada di posisi 8.

  • Guus Hiddink

Pelatih kelahiran Belanda "Guus Hiddink" pernah menjadi pelatih sementara The Blues untuk menggantikan Felipe Scolari pada musim 2009. Gus Hiddink pernah merasakan dua kali menjadi pelatih sementara untuk Chelsea.

Kesempatan pertama Guus Hiddink menjadi pelatih sementara berbuah manis, karena Hiddink berhasil membawa Piala FA ke dalam lemari trofi Chelsea dan hanya menelan satu kali kekalahan di semua kompetisi dan berhasil membawa The Blues berada di posisi ke tiga Premier League.

Dan pada kesempatan kedua Hiddink di panggil kembali untuk menggantikan The Spesial One  yang membuat Chelsea terpuruk diposisi ke 16 sementara Premier League. Dengan kerja keras yang Hiddink lakukan, Chelsea semakin menunjukan performa yang luar biasa dan berhasil menempati posisi ke-6 Premier League pada musim itu juga. Dan Hiddink pun langsung mengundurkan diri tanpa harus merasakan pemecatan dari Roman Abramovich.

  • Roberto Di Matteo

Pelatih yang memiliki dua kewarganegaraan ini ditunjuk menjadi pelatih sementara Chelsea setelah memecat Andre-Villas Boas setelah terlempar dari zona Liga Champions pada tahun 2012.

Kedatangan Di Matteo membuat sejarah bagi klub asal London tersebut. Chelsea berhasil memenangi Liga Champions untuk pertama kalinya setelah berhasil mengalah Barcelona dengan cara yang dramatis.

Atas hasil yang sangat memuaskan tersebut, Di Matteo diberikan kontrak permanen pada saat itu juga. Namun Di Matteo harus angkat kaki dari Stamford Bridge pada pertengahan musim 2012-2013 dan langsung digantikan sementara oleh Rafael Benitez dan berhasil menjuarai Liga Europa.
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Label